Menjalankan aplikasi pada real device


Pemakaian real device untuk mencoba aplikasi yang kita buat, akan lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan emulator, kenapa?
  1. Emulator membutuhkan RAM yang cukup besar.
  2. Proses booting dan proses saat sudah running cenderung lama dibanding dengan menggunakan real device.
  3. Emulator tidak mempunyai sensor dan adapter yang lengkap dibanding real device.
Oleh karena itu, pada tutorial kali ini, akan dijelaskan cara memasang real device dan menghubungkannya ke Eclipse ADT. Real device tidak bisa langsung digunakan untuk menjalankan aplikasi secara langsung dari Eclipse ADT, dibutuhkan software untuk menghubungkannya.  
  1. Moborobo
  2. PdaNet+
  Langkah-langkahnya: 1. Aktifkan mode debugging USB pada smartphone [caption id="attachment_354" align="aligncenter" width="500"]Langkah-1a Gambar diatas adalah submenu dari settings dan tidak semua smartphone mempunyai tampilan seperti diatas. Jika beda, carilah pada bagian System, lalu pilih opsi pengembang/developer, lalu centang pada Debugging USB.[/caption]   2. Install software (Moborobo atau PdaNet+)

Pastikan smartphone sudah tersambung ke komputer/laptop dan debugging USB sudah dicentang.

Jika smartphone anda adalah smartphone populer dipasaran, gunakan Moborobo. Jika smartphone anda bukan smartphone populer dipasaran, ataupun ketika menggunakan Moborobo, driver smartphone anda tidak ditemukan, maka gunakan PdaNet+.

3. Menjalankan aplikasi pada real device   Langkah-3a   [caption id="attachment_357" align="aligncenter" width="500"]Tanda berhasil dalam menghubungkan real device anda adalah keluar nama device anda pada Android Device Chooser. Klik device, lalu klik Ok. Tanda berhasil dalam menghubungkan real device anda adalah keluar nama device anda pada Android Device Chooser. Klik device, lalu klik Ok.[/caption]

Artikel Sebelumnya

Hello World!

Artikel Selanjutnya

Game Space Shooter V1.1.0 - Main Menu dan Detail Record High Score